Axolotl, Hewan Unik Yang Mungkin Jarang Kalian Lihat

Binatang eksotis yang unik ini kadang disebut juga sebagai ” Mexican Walking Fish” sebab dia terlihar seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City.

Axolotl adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm.
Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat, dan banyak juga albino dengan warna yang lucu, misalnya pink. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya.
Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas kelihatan seperti tanduk. Orang-orang timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga, sehingga tak jarang mereka disebut sebagai ikan naga.
Axolotl termasuk kadal yang memiliki umur panjang. Axolotl dapat hidup hingga umur 10-15 tahun dan dapat berkembang sampai 60 cm, bahkan pernah tertangkap 1 ekor Axolotl raksasa di pedalaman mexico yang berukuran hingga 1,4 meter, penemuan itu benar-benar mengejutkan, tetapi setelah di teliti oleh para ahli, disimpulkan jika itu hanyalah keadaan abnormal yang terjadi.
Axolotl selalu hidup didalam air dan suka memakan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan ini terkadang timbul dipermukaan air, tetapi ada yang juga menjelang dewasa dan bertambah besar tidak pernah timbul di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya.
Salamander jenis ini digolongkan dalam jenis berbahaya, karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya, namun jika kelenjarnya di buang dengan benar, maka hewan ini dapat dijadikan peliharaan yang lucu.
Nama Axolotl di ambil dari bahasa Aztec yang berarti anjing air. Axolotl masih bersepupu dekat dengan tiger salamander, uniknya, hean ini bermetamorfosis hanya bila dalam keadaan terpaksa, terpaksa dalam hal ini adalah jika tempat hidup mereka mengering, maka Axolotl dapat bermetamorfosis ke bentuk darat dan jika sudah ada air, maka mereka dapat mebali ke wujud air.
Bentuk darat dari Axolotl mirip dengan bentuk larvanya, dengan perbedaan insang yang menghilang, ekor yang lebih kompres dan mata yang tampak menonjol. kehadiran hormon tertentu diketahui dapat memicu Axelotl bermetamorfosis kedalam bentuk reptil darat. Selain itu penambahan sejumblah kecil iodine ke dalam air juga bisa memicu hal yang sama.
Dia dapat menumbuhkan kembali anggota tubuh seperti taring, kulit, orang, dan bagian dari otak dan tulang belakangnya yang terluka. Beberapa binatang lain mempunyai kemampuan beregenerasi, tetapi hanya salamander mexico yang dapat menumbuhkan kembali begitu banyak bagian tubuh yang berbeda di sepanjang hidup mereka.
Axolotl dapat ditemukan di Danau Xochimico dan Danau Chaico di Mexico. Belakangan, populasi mereka terancam akibat pembangunan yang dilakukan di danau itu untuk mencegah banjir musiman, sehingga jumblah air di danau menyusut, sehingga habitatnya terganggu.
Masuknya ikan-ikan dari daerah lain yang diperkirakan manusia juga menyebabkan populasinya menyusut. Jumlah Axolotl di alam tidak diketahui. Namun jumblah populasi diperkirakan menurun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s